-->

Senin, 04 Desember 2017

Apa itu SEO? & Apa Manfaat Search Engine Optimization Serta Cara Kerjanya
Pengertian SEO, manfaat, serta cara kerjanya

Pernahkah kalian mendengar kata SEO? Mungkin ini terdengar asing bagi sebagian blogger pemula. SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha mengoptimasi website untuk mesin pencari agar mendapat peringkat yang lebih baik di mesin pencarian. SEO juga strategi pemasaran online yang powerful dalam digital marketing. 
Sebagai contoh, untuk bisnis 'toko sepatu', apabila kamu ingin berada di halaman pertama saat orang mencari 'toko sepatu' dalam mesin pencari, kamu harus menggunakan SEO. Apakah kamu yakin akan berada di halaman pertama saat orang mencari 'toko sepatu' ? Sedangkan tempat di halaman pertama hasil pencarian (Search Engine Result Page - SERP) terbatas. Disinilah kita harus menerapkan SEO didalam website atau blog kita.

Mengapa SEO penting bagi website?

Saya akan memberikan sebuah ilustrasi
Saya memiliki toko online, tapi sangat jarang orang membeli di toko online saya tersebut karena toko online saya sulit dicari orang dan akhirnya saya rugi.
Dari ilustrasi tadi kita mengerti bahwa:
PENGUNJUNG = PENGHASILAN 
Semakin banyak pengunjung ke toko online kita, maka semakin banyak orang yang akan membeli barang-barang yang ada di toko online kita. Maka sebaliknya, jika pengunjung ke toko online kita sedikit, maka penghasilan yang kita dapat juga sedikit.

SEO tidak hanya bermanfaat bagi toko online seperti yang telah saya ilustrasikan diatas tadi, tapi juga bermanfaat bagi blog. Saya akan memberikan contoh, saya mempunyai sebuah blog, didalamnya terdapat iklan dan afiliasi yang menjadi sumber penghasilan dari blog. Semakin banyak PENGUNJUNG maka semakin banyak orang yang melihat iklan dan mengkliknya. Semakin banyak orang yang melihat serta mengklik iklan / afiliasi maka semakin banyak PENGHASILAN kita.

Ini menunjukkan berapa pentingnya kita menerapkan SEO di blog / website kita.



Bagaimana konsep dasar SEO?

  • Konten yang disajikan
  • Struktur dan navigasi
  • Popularitas
  • Kepuasan pengguna
Itulah beberapa konsep dasar yang penting. Kita telah mengetahui konsep dasar SEO. Lalu mungkin kita berfikir, kalau itu konsepnya mengapa kita harus ribet-ribet mengatur SEO sana sini. Dan kita bertanya, Bisakah blog / website saya berhasil tanpa adanya SEO?
Dari melihat segi konsep-konsep dasar SEO diatas, kita dapat memahami bahwa dengan kita membuat artikel yang berkualitas dan relevan, blog kita dapat mendapat rangking di mesin pencari. Ini karena mesin pencari sekarang sudah pintar dalam memahami struktur halaman dan kualitas blog / website. Kesimpulannya, website kita BISA berhasil tanpa adanya SEO. Eitss, tapi kita tetap harus berusaha lebih dan mempelajari cara bagaimana agar website / blog kita mendapat rangking lebih baik lagi di mesin pencari.

Cara kerja mesin pencari

Dalam menampilkan hasil pencarian, mesin pencari menggunakan beberapa teknik pintar agar hasil pencarian sesuai dengan yang dicari. Beberapa teknik yang diterapkan mesin pencari sebagai berikut:
  • Crawling

    Crawling atau perayapan adalah teknik mengambil semua halaman web yang ada di situs tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler / spider. Dalam mesin pencari google, disebut Googlebot.
  • Indexing

    Indexing adalah proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil oleh crawler dan disimpan di database pencarian. Pada dasarnya, pengindeksan mengidentifikasi dari kata-kata atau tulisan deskripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari. 
  • Processing

    Ketika mesin pencari menerima perintah dari user sebagai contoh saat user mencari 'apa itu seo' pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut akan membandingkan kata kunci 'apa itu seo' ke halaman lainnya yang ada di database mesin pencari serta halaman yang telah terindeks di mesin pencari tersebut.
  • Calculating Relevancy (Menghitung relevansi)

    Dalam halaman web pasti memiliki jumlah lebih kata kunci dari yang dimasukkan ke mesin pencari. Jadi mesin pencari menghitung dan membandingkan relevansi tiap halaman dari jumlah kata kunci yang ada dihalaman tersebut. 
  • Retrieving Result (Mengambil hasil)

    Setelah teknik-teknik diatas tadi dilakukan oleh mesin pencari, langkah terakhir yang dilakukan adalah mengambil halaman web dengan kata kunci yang paling relevan dari halaman lainnya lalu menampilkan hasilnya kepada user di browser. 

Dasar-dasar SEO yang wajib kamu ketahui

Kamu wajib mengetahui dasar-dasar SEO sebelum kamu mempraktikannya langsung ke lapangan :D. Dasar SEO ini bisa dibilang sebuah pondasi / dasar agar halaman website / blog anda mendapat peringkat di mesin pencari.

On Page SEO

On Page SEO adalah salah satu teknik mengoptimisasi halaman web dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan dari On Page SEO ini adalah mesin pencari akan menilai lebih relevan.
  • Title Tag

    Title tag sama seperti judul postingan / artikel, tapi title tag khusus dibaca oleh mesin pencari. Berikut contoh title tag

    apa itu title tag
  • Meta Description

    Meta description adalah deskripsi singkat mengenai artikel yang anda buat. Ini adalah contoh meta description
    Pengertian meta description


  • URL

    URL singkatan dari Uniform Resource Locator adalah rangkaian kata yang memiliki format tertentu untuk mengarahkan kesuatu alamat web. Contohnya:
    Apa itu URL

Off Page SEO

Off Page SEO adalah cara mengoptimisasi halaman melalui luar (backlink). Lalu apa itu backlink?
Backlink adalah link dari halaman web kita yang berada pada halaman website orang lain yang mempunyai Page Rank tinggi.
 
Oke, sekarang kalian paham kan apa itu seo, apa manfaatnya, serta bagaimana kerjanya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan nantikan lagi artikel-artikel menarik lainnya disini 😄

    Seorang programmer yang memiliki sedikit ilmu untuk saling berbagi terhadap sesama. Saya adalah pendiri Spensoft Technologies.

    0 comments:

    Posting Komentar

    Gunakan kata-kata yang baik dalam berkomentar ya, harap jangan menaruh link aktif dalam komentar dan jangan menggunakan kata-kata yang jorok, kasar, dan mengandung SARA. Apabila ada yang menyalahi aturan, komentar akan saya hapus.

    Start Work With Me

    Contact Us
    M. FAHLI SAPUTRA
    0877-7232-8104
    Banjarbaru, Indonesia

    Tips Untuk Kamu

    Game

    .

    .

    FahliMedia Network

    Jl. Mistar Cokrokusumo

    Banjarbaru, Kalimantan Selatan 70733

    contact@fahli.net

    Windows

    How-To

    Windows Phone

    Hosting Unlimited Indonesia

    Terupdate